KS Bukan Trial and Error , Tetapi Ada Rambu-rambu & Regulasi

22 Juni 2019

BANDUNG, MM: Banyak Calon Kepala Sekolah (CKS) dan Kepala Sekolah (KS) swasta eksisting mengaku beruntung mendapatkan kesempatan mengikuti Diklat CKS di Marwita Magiswara. Jujur saja, dari hasil  sharing  pengalaman  antar peserta Diklat CKS  Marwita Magiswara 2018  angkatan 8,  masih banyak jabatan kepala sekolah yang didapatkan karena  ditunjuk oleh yayasan penyelenggara pendidikan tanpa ada masa persiapan  yang memadai. Dampaknya banyak kebijakan yang diterbitkan kepala sekolah lebih karena faktor trial and error, alih-alih berdasarkan kebutuhan dan regulasi yang sudah ada.
“Beda sih antara Kepala Sekolah yang dipersiapkan dan hanya modal ditunjuk begitu saja, ketika sama-sama dihadapkan berbagai persoalan di la
... Baca selengkapnya >

  Stempel “Orang Gila” Demi Kemajuan Sekolah

22 Juni 2019

MM, BANDUNG: Diklat Kepala Sekolah modal dan bekal berharga untuk membangun sekolah unggulan (SMP Bruderan)  di Pontianak, Kalimantan Barat. Sekolah unggulan bukan hanya sarana dan prasarana “hard ware” yang memadai, tetapi juga harus didukung “soft ware” kurikulum, administrasi,  dan tradisi-tradisi positif yang menjadi nilai tambah (value added) dibandingkan sekolah yang ada di sekitarnya.
“Ini kesempatan emas untuk menguasai dan memperdalam best practice pengembangan sekolah. Saya tidak perlu lagi trial and error untuk mengembangkan sekolah karena telah mempunyai rambu-rambu yang  jelas tentang teori dan implementasinya mengenai aspek manajerial, supervisi guru dan tendik, kepemimpinan dan
... Baca selengkapnya >

  Tempat Favoritku di Marwita Magiswara “Mushola”

22 Juni 2019

BANDUNG, MM:  Suyatno  peserta diklat Calon Kepala Sekolah (CKS) Marwita Magiswara angkatan 8 mempunyai motivasi diatas rata-rata,  sementara kalau dilihat dari  segi usia sudah mendekati masa pensiun (53).  Motivasi itu tidak muncul begitu saja, faktor dari dalam diri sendiri sudah pasti, karena untuk dapat mengikuti Diklat CKS di Marwita Magiswara harus menemui banyak hadangan setidaknya dari pihak pengurus yayasan yang bersikap pasif dan terkesan masa bodoh. Oleh karena itu, Suyatno harus merogoh kocek sendiri untuk dapat mengikuti Diklat CKS dengan pola In On In Service Learning selama 3 bulan atau setar 3 bulan plus 30 JPL The Spirit of Leardership.
Idealnya program pembinaan SDM guru, tendik, atau kepala sekolah swasta menjadi tanggu
... Baca selengkapnya >

Showing 3 articles from a total of 15 [ 1 2 3 … 5 ]
Next 3 »

Copyright © Marwitamagiswara.org. All Rights Reserved