Menimba “Life Long Education” Selama Pembekalan di Marwita Magiswara

20 Okt 2017

BANDUNG, MARWITA MAGISWARA : Slogan Belajar Sepanjang Hayat “Life Long Education” bukan barang baru bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Bahkan ungkapan ini tidak ubahnya sebuah mantra yang mempunyai kasiat ampuh  bagi para dosen dalam   memotivasi semangat belajar para peserta didik yang terkesan ogah-ogahan belajar ketika masih duduk di bangku kuliah dulu.
“Semenjak duduk di bangku kuliah di Universitas Sanata Dharma (USD) dulu,  dosen selalu bilang istilah itu ketika kita-kita mahasiswanya malas-malasan belajar. Itu juga sering saya gunakan untuk memotivasi para rekan guru dan peserta didik yang kehilangan arah dan semangat  untuk secara terus-menerus menggali dan mengembangkan pengetahuan, ketrampilan, d...
... Baca selengkapnya >

  Kepala Sekolah Harus Punya “Kompas”

20 Okt 2017

BANDUNG, MARWITA MAGISWARA: Menjadi pemimpin, termasuk didalamnya kepala sekolah tidak mungkin  jadi dengan sendirinya. Pemimpin mengandaikan bekal pengalaman dan perangkat pengetahuan  tentang kepemimpinan agar mampu mengarahkan roda organisasi dengan efektif dan efesien.
                Mungkin saja orang-orang tertentu dilahirkan dengan karisma sebagai seorang pemimpin, tetapi jika tidak memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai  seorang pemimpin maka jalannya roda organisasi lebih mengedepankan selera sang pemimpin. Oleh karena itu, sangat penting ada Pusdiklat seperti Marwita Magiswara salah-satu misinya untuk mendidik dan melatih  para kepala sekolah s...
... Baca selengkapnya >

  Memenej dan Memimpin Sekolah Tidak Boleh Trial and Error

20 Okt 2017

BANDUNG, MARWITA MAGISWARA: Selama enam bulan lebih mengikuti program Diklat KS  di Marwita Magiswara Lusia Sri Handayani, S.Pd., dari SMA St. Thomas Tangerang (Keuskupan Agung Jakarta)  mengaku masih terusik dengan istilah kepala sekolah adalah guru yang sekedar mendapatkan tugas tambahan sebagai kepala sekolah.  Regulasi “Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010” memang bunyinya begitu, tetapi realitasnya di lapangan tidak demikian, karena tugas seorang kepala sekolah pasti lebih berat dari rata-rata tugas yang dibebankan kepada para guru!
                “Saya semakin sadar bahwa tugas tambahan sebagai kepala sekolah s...
... Baca selengkapnya >

Showing 3 articles from a total of 23 [ 1 … 4 5 6 7 8 ]
« PreviousNext 3 »

Copyright © Marwitamagiswara.org. All Rights Reserved